Sumber Bunyi

Sumber Bunyi

Apa itu sumber bunyi? yang di maksud Sumber bunyi adalah segala sesuatu yang menghasilkan bunyi. Sering kita mendengar bunyi yang sumbernya dari mana saja. adapun contoh sumber bunyi yaitu: pita suara kita yang membuat kita dapat berbicara dan mengeluarkan bunyi, meja yang kita pukul, radio, TV dan berbagai alat musik seperti: gitar, suling, gamelan dan sebagainya itu juga merupakan sumber bunyi.
Syarat bunyi dapat didengar adalah
    1. Ada sumber bunyi
    2. ada medium
    3. Pendengar/ penerima
Jadi bunyi dapat didengar harus ada sumber bunyi yaitu setiap bunyi pasti ada sumbernya atau sesuatu yang mengeluarkan bunyi itu. Jangan sampai ada bunyi tapi tidak ada sumbernya, pasti menakutkan...heee. Kemudian jika sudah ada sumber bunyi agar sampai ke telinga  pendengar harus ada yang mengantarkannya yaitu medium atau zat perantara. Adapun medium yang dapat mengantarkan bunyi ke telinga pendengar adalah benda padat, benda cair (air) dan gas (udara). Selanjutnya setelah ada sumber bunyi dan medium, bunyi agar dapat didengar juga harus ada yang mendengarkan, jika tidak ada yang mendengarkan berarti bunyi itu tidak terdengar. 

Jenis-Jenis Bunyi berdasarkan frekuensinya

Frekuensi adalah banyaknya getaran setiap satu detik. Satuan frekuensi adalah Hertz (Hz). 

1. Bunyi Infrasonik adalah bunyi yang mempunyai frekuensi sangat rendah, yaitu kurang dari 20 Hz. Hewan yang dapat mendengar bunyi infrasonik yaitu kelelawar, anjing, jangkrik, dan kuda.

2. Bunyi Audiosonik adalah bunyi yang mempunyai frekuensi di antara 20-20.000 Hz. Bunyi audiosonik inilah yang dapat didengar oleh manusia.

3. Bunyi Ultrasonik adalah bunyi yang mempunyai frekuensi sangat tinggi lebih dari 20.000 Hz. Hewan yang dapat mendengar bunyi ultrasonik ini yaitu lumba-lumba.

Jenis Bunyi yang Lain

Berikut ini adalah jenis-jenis bunyi yang lain

1. Nada adalah bunyi yang mempunyai frekuensi yang teratur.

2. Desah adalah bunyi yang memiliki frekuensi yang tidak teratur

3. Dentum adalah bunyi yang mempunyai amplitudo yang sangat besar dan terdengar mendadak.

4. Warna bunyi atau timbre adalah bunyi yang memiliki frekuensi yang sama, tetapi terdengarnya berbeda.

Resonansi Bunyi

Peristiwa resonansi sering terjadi pada kehidupan sehari-hari. Resonansi ialah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena ada benda lain yang bergetar. Frekuensi benda yang bergetar bernilai sama dengan frekuensi benda yang dipengaruhinya. Resonansi ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan.

1. Resonansi yang menguntungkan, yaitu resonansi yang terjadi pada alat musik, seperti gitar, gamelan, dan genderang.

2. Resonansi yang merugikan, yaitu resonansi yang terjadi pada suara deru pesawat terbang yang dapat membuat kaca pecah.




Posting Komentar untuk "Sumber Bunyi"