Bagian-Bagian Telinga Beserta Fungsinya

 BAGIAN-BAGIAN TELINGA BESERTA FUNGSINYA



Bagian-Bagian Telinga

Telinga terbagi menjadi 3 bagian

1. Telinga Luar

a. daun telinga

b saluran telinga/ lubang telinga

2. Telinga Tengah

a. gendang telinga

b. tiga tulang pendengaran ( tulang martil, tulang landasan dan tulang sanggurdi)

c. Saluran eustachius

3. Telinga Dalam

a. rumah siput

b. tiga saluran setengah lingkaran

 Telinga Luar

                Pada telinga luar memiliki dua bagian yaitu daun telinga dan saluran telinga atau lubang telinga. Daun telinga tersusun dari tulang rawan dan kulit  yang dapat kita lihat dan kita pegang dari luar. Adapun fungsi dari daun telinga yaitu untuk menangkap dan mengarahkan gelombang suara agar masuk ke saluran telinga.

Saluran telinga berfungsi untuk menyalurkan gelombang suara dari daun telinga ke telinga tengah yaitu gendang telinga. Panjang  saluran telinga sekitar 2,5 cm.

 Telinga Tengah

                Telinga tengah mempunyai tiga bagian penting yaitu gendang telinga, tiga tulang pendengaran dan saluran eustschius. Gendang telinga atau membran timpani merupakan selaput tipis yang memisahkan telinga luar dan telinga tengah. Gendang telinga berfungsi menerima getaran suara dari saluran telinga dan menyalurkan ke tiga tulang pendengaran. Gendang telinga juga berfungsi untuk melindungi telinga bagian tengah dari bakteri, air dan benda lainnya.

                Tiga tulang pendengaran  disebut tiga tulang pendengaran karena terdiri dari tiga tulang yaitu tulang martil (Maleus), Tulang landasan (incus) dan tulang sanggurdi (stapes). Tiga tulang pendengaran berfungsi untuk memperkuat suara.

                Saluran eustachius atau tuba eustasia adalah saluran yanng menghubungan telinga tengah dengan bagian belakang hidung dan tenggorokan. Fungsi saluran eustachius yaitu menyeimbangkan tekanan udara dalam telinga dengan tekanan udara di luar telinga. 

 Telinga Dalam

                Telinga dalam terdiri dari Koklea atau rumah siput dan tiga  saluran setengah lingkaran. Fungsi Koklea  adalah untuk mengubah getaran suara yang diterima dari telinga tengah menjadi sinyal saraf untuk dikirimkan ke otak melalui  saraf telinga. Sedangkan fungsi tiga saluran setengah lingkaran/ Kanal semisirkular adlah untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Beberapa cara untuk merawat telinga

1. Bersihkan telinga dengan cara yang benar

2. lindungi telinga dari suara keras

3. menjaga agar telinga selalu kering

4. lakukan pemeriksaan telinga secara rutin ke dokter

 Macam-macam gangguan pada telinga

1. Otitis eksterna yaitu peradangan pada telinga luar. Hal ini bisa disebabkan karena keadaan telinga yang basah, sehingga bakteri atau jamur mudah berkembangbiak.

2. Otitis Media yaitu gangguan pada telinga bagian tengah karena virus atau bakteri. Adapun gejala yang ditimbulkan adalah keluarnya cairan dari telinga yang berwarna kekuningan, kehijauan atau kecoklatan yang berbau busuk atau yang disebut Congek.

3.  Otitis Interna yaitu infeksi pada telinga dalam yang mengendalikan fungsi pendengaran dan keseimbangan tubuh. Hal ini dapat disebabkan karena otitis media yang tidak terobati, infeksi virus atau bakteri. Gangguan ini dapat menyebabkan Vertigo, pusing, sulit berdiri atau duduk, mual, muntah sampai kehilangan pendengaran atau tuli.

4. Gendang telinga pecah hal ini bisa disebabkan karena telinga kemasukan benda asing, kebiasaan mengorek terlalu dalam, mendengaar suara yang terlalu keras dan lain-lain.

5. Telinga berdenging atau tinnitus yaitu adanya sensasi berdenging pada telinga yang berlangsung  singkat atau lama. Hal ini dapat disebabkan karena gangguan sel saraf, penuaan, kebiasaan mendengar suara keras,penyumbatan kotoran dan tulang telinga mengeras.

6. Kolesteatoma yaitu adanya pertumbuhan jaringan kulit yang tidak normal di dekat gendang telinga. Gejala yang ditimbulkan nyeri, telinga berbau busuk, keluar cairan, dan gangguan pendengaran.

Posting Komentar untuk "Bagian-Bagian Telinga Beserta Fungsinya"