KISAH KELUARGA SEMUT

 Cerpen

KISAH KELUARGA SEMUT

Karya: Khayra Pramaisella

Kelas 4 SD Negeri Soprayan



Di sebuah kampung semut tinggallah sebuah keluarga semut yang bernama ibu Lulu. Dia adalah seorang janda semut yang mempunyai anak bernama Lila dan Lilo. Lilo semut yang paling ganteng dan Lila semut paling cantik di kampungnya. Semut Lulu selalu rajin bekerja siang dan malam demi kedua anaknya.

Semut Lulu seorang janda yang cantik dan digemari banyak semut jantan. Ibu Lulu selalu didatangi semut-semut jantan setiap hari. Lulu selalu bersikap ramah kepada semua teman-temannya baik yang jantan maupun betina. Daia  pandai bergaul dengan siapa saja. Semut Lulu suka menolong tetangganya.

Lilo dan Lila selalu riang gembira, bermain dengan teman-teman sebaya di kampungnya. Ada yang bernama Sasa, Sisi, Susi, Miko dan masih banyak lagi teman lainnya. Lilo seorang kakak yang lucu, pandai dan ceria. Dia berbadan gemuk, sedangkan Lila berbadan kurus, lemah lembut dan pemalu. Lilo kalau makan banyak sekali dan Lila sedikit. Lilo bermain dengan Lila sambil bernyanyi riang. Melompat kesana-kemari sambil berteriak sehingga teman-temannya datang dan bermain bersama.

Di pagi yang cerah semut Lulu, Lilo dan Lila pergi ke pasar. Semut Lulu membeli keperluan sehari-hari buat di rumah, tidak ketinggalan makanan kesukaan Lilo dan Lila. Di pasar bertemu banyak tetangganya, kebetulan pasar hari itu ramai sekali dan berdesak-desakan. Lilo berteriak memanggil ibu Lulu karena kakinya terinjak semut yang lain dan akhirnya Lila yang membantu Lilo. Lilo akhirnya merasa lega setelah keluar dari pasar. Mereka pulang bersama-sama sambil membawa banyak belanjaan.

Sesampainya di rumah, Lila memanggil ibunya,”Bu, Lila lapar sekali.” Tak lama kemudian Lilo juga menyahut,”Aku juga Bu.” Ibu Lulu berkata,”Ya tunggu sebentar ya ibu siapkan dulu.” Setelah selesai memasak ibu Lulu memanggil Lilo dan Lila untuk makan bersama.

Setelah selesai makan mereka menonton tv sambil duduk-duduk santai. Dan akhirnya Lilo dan Lila tertidur di ruang tv. Ibu Lulu mencuci baju, membersihkan rumah dan halaman. Setelah selesai akhirnya ibu Lulu tidur siang juga. Menjelang ashar Lilo dan Lila bangun dan mandi lalu sholat ashar. Mereka sholat berjamaah bersama-sama.

Habis sholat ashar, Lila dan Lilo berangkat ke masjid untuk mengaji bersama semut-semut yang lain. Sebelum berangkat ke masjid Lilo dan Lila berpamitan kepada ibu  Lulu.”Ibu aku dan Lilo berangkat ke masjid bersama teman-teman ya bu.” Kata Lila dengan gembira. Saat berjalan ke masjid Lila dan Lilo bercakap-cakap dengan teman-temannya. Mereka mengaji sampai maghrib dan melanjutkan sholat maghrib bersama-sama.

Selesai sholat Maghrib,Lilo dan Lila pulang ke rumah untuk makan malam bersama ibu. Tepat jam 9 malam mereka tidur. Keesokan harinya mereka bangun pagi karena akan kerja bakti kampung. Mereka kerja bakti membersihkan selokan di pinggir jalan. Sambil bersenda gurau, mereka bekerja sama. Sungguh menyenangkan kehidupan di desa, saling tolong menolong, saling menghargai,dan saling bekerja sama. Semua yang di kerjakan secara gotong royong akan terasa lebih mudah dan cepat selesai.


Gambar dari :https://id.depositphotos.com/vector-images/lubang-semut.html


Posting Komentar untuk "KISAH KELUARGA SEMUT"